GPIB GETSEMANI BALIKPAPAN
Dilembagakan 28 Januari 2007, oleh Pdt. J.D. SIHITE, MA (Ketua 1 Majelis Sinode)
Menjadi Jemaat yang ke 275. Sesuai SK. MS. 0801/I-07/MS.XVIII/Kpts. Alamat : Jl. Soekarno – Hatta, Balikpapan. Tlp/Fax. (0542) 860667 Norek. BNI Taplus. 0196346488 / Norek. Panitia, Mandiri. 1490007212154. Email : gpibgetsemani@yahoo.co.id / getsemani.balikpapan@gpib.or.id

"MOHON DUKUNGAN DOA ATAS RENCANA PEMBANGUNAN KEMBALI GEDUNG GEREJA GPIB GETSEMANI".

Tim Penyelesaian Pembangunan

Tim Penyelesaian Pembangunan
Daud Hendrawan
James Zeke
Yahya Fanjie
Edi Karyoto
Samianto


14 Juli 2014

PROPOSAL PEMBANGUNAN



I. PENDAHULUAN
Gereja sebagai suatu lembaga agama dan wadah tempat berkumpulnya umat yang mengajarkan dan menuntun umatnya pada nilai-nilai agama dan moral sesuai ajaran Ketuhanan, diharapkan mampu menjadi tempat pembinaan rohani, pembinaan karakter sehingga dapat menghadirkan Manusia Indonesia yang memiliki Karakter Bangsa sesuai nilai rohani yang ada lewat meningkatkan ke-imanan serta ketakwaan umat. Dengan demikian umat dapat memahami dengan baik dan benar ajaran agamanya, sehingga dapat meningkatkan  sumber daya manusia yang menjadi modal utama pembangunan bangsa.
Pemahaman di atas itu pula yang saat ini dilakukan oleh Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (disingkat GPIB) yang merupakan suatu organisasi kemasyarakatan di bidang keagamaan struktur organisasi berjenjang, dimulai dari Majelis Sinode yang berkantor di Jakarta sampai kepada jemaat – jemaat di daerah, seperti GPIB Jemaat “Getsemani” Balikpapan di Propinsi Kalimantan Timur ini. Dengan kata lain, GPIB memiliki garis organisasi yang jelas sehingga bersama dengan pemerintah Organisasi Gereja ini juga mampu untuk memberikan pembinaan rohani  dan penanaman nilai keagamaan kepada masyarakat, terlebih khusus kepada Jemaatnya untuk penguatan Karakter Bangsa guna membangun Negeri Indonesia.

Untuk melaksanakan fungsi Gereja sebagai lembaga agama yang turut membentuk dan menguatkan karakter bangsa, diperlukan berbagai sarana penunjang dan dukungan pemerintah sehingga dengan itu Pemerintah sebagai wakil Allah di dunia ini (Roma 13:1-5) menjadikan Gereja sebagai mitra dalam pembangunan bangsa. Salah satu upaya yang sering terjadi dalam kemitraan itu adalah keterlibatan pemerintah dalam menunjang kebutuhan dan menopang misi mulia tiap agama (dalam hal ini Gereja) lewat berbagai bantuan moril dan fisik berupa sarana peribadahan (dalam hal ini gedung gereja). 

II. LATAR BELAKANG
Tentunya semua umat beragama sangat merindukan sarana dan prasaranan peribadatan yang memadahi dan nyaman, termasuk Jemaat GPIB Getsemani. Mengingat kapasitas Gedung yang sekarang, dan memperhatikan serta mengantisipasi perkembangan Jemaat ke depan, maka ada kerinduan Jemaat GPIB Getsemani untuk membangun kembali / merenovasi Gedung Gereja yang bisa menampung Jemaat pada setiap kegiatan Ibadah. Kapasitas Gedung Gereja yang sekarang hanya mampu menampung ± 250 jiwa, sementara sesuai dengan data terakhir Desember 2012 anggota Jemaat GPIB Getsemani tercatat ± 200 KK atau ± 500 Jiwa, inilah yang mendasari dan melarbelakangi dibangunnya kembali Gedung Gereja yang baru sehingga dapat memfasilisasi kebutuhan pembinaan moral dan rohani umat atau jemaat menuju nilai ahklak yang mulia guna membentuk karakter bangsa yang berke-Tuhanan Yang Maha Esa.

Rencana pembangunan ini bertujuan untuk menciptakan suatu lingkungan yang kondusif dan representatif sehingga Gereja sebagai organiasi keagamaan dapat melaksanakan fungsinya dengan baik bagi kemajuan hidup berbangsa dan bermasyarakat.

III.  MAKSUD DAN TUJUAN
Di bangunnya gedung Gereja ini bukan merupakan tujuan utama bagi misi Gereja, tetapi hanya sebagai sarana penunjang peribadatan. Misi Gereja yang utama adalah membina kehidupan rohani umatnya agar memiliki iman dan ketakwaan yang benar sesuai ajaran dan kaidah agama (dalam hal ini Kristen Protestan). Maksud dan tujuan dibangunnya gedung gereja ini juga untuk menciptakan ketenangan dan kekhusukan dalam beribadah, sehingga tidak lagi khawatir dengan kondisi bangunan yang terdapat bocor jika hujan turun,  serta suasana beribadah bisa tertip karena ketersediaan ruang yang relative lapang.

IV.  DASAR PELAKSANAAN PEMBANGUNAN
Pembangunan Gedung Gereja sebagai Infrstruktur peribadatan ini di dasari oleh, Keputusan Sidang Majelis Jemaat GPIB Getsemani, Rapat Pelaksana Harian Majelis Jemaat GPIB Getsemani, dan Keputusan Pelaksana Harian Majelis Jemaat, tentang pembetukan Panitia Pembangunan.

V.  KEGIATAN
1. Pembangunan / Renovasi Gedung Gereja
2. Pengadaan Furniture

VI.  RENCANA ANGGARAN 
1. Pra-Implementasi - Rp. 175.000.000,- 
2. Pekerjaan Bongkar Bangunan Existing - Rp. 75.000.000,-
3. Pembuatan Backdrop & Mimbar - Rp. 55.000.000,-
4. Pengadaan Genset 10 KVA - Rp. 35.000.000,-
5. Pengadaan Bangku + Gredensa - Rp. 85.000.000,-
6. Pek. Pembangunan Gedung (757 M2)-Rp. 2.796.800.000,-

VII.  PENUTUP 
Jikalau bukan Tuhan yang membangun rumah, sia-sialah usaha orang yang membangunnya(Mazmur 127 :1)
Memperhatikan jumlah anggaran di atas dan membandingkan dengan kondisi kemampuan jemaat dan Kas Gereja, maka kami yakin Bapak/Ibu/Sdr akan berpikir hal yang sama dengan kami, bahwa rencana ini terlalu besar pasak dari pada tiang, sehingga proyek ini mustahil untuk dipekerjakan.
Namun pemikiran seperti itu segera sirna, kekuatiran pun lenyap ketika iman kami bertumbuh dalam Firman dan pengharapan bahwa “TUHAN pasti menyediakan”.  Kami percaya bahwa berkat-Nya selalu tercurah, kami tinggal mencari dan bekerja keras untuk menggapainya dan berusaha menemukan saluran yang tepat dan yang tak “tersumbat” untuk mengalirkan Berkat-Nya. Inilah yang menjadi alasan kuat bagi kami untuk memberanikan diri mengajak Bapak/Ibu/Sdr dalam arak-arakan pekerjaan Tuhan ini sambil berharap Bapak-Ibu menjadi “saluran berkat” Tuhan itu.
Demikian Proposal kami buat atas bantuan serta dukungan Bapak/Ibu/Sdr kami ucapkan terimakasih.

Balikpapan,  21 November 2014
Teriring Salam dan Doa,
Pelaksanan Harian Majelis Jemaat “GPIB” Gesemani Balikpapan

Ketua        : Pdt. Luther Baktiar Tappi, S.Th
Sekretaris  : Pnt. Nova K. Pangau, SH

Panitia Pembangunan Gedung Gereja
Ketua        : E. Karyoto
Sekretaris  : Meity Rempas


Nomor Rekening “GPIB” Getsemani – Balikpapan
Bank BNI            : 0 1 9 6 3 4 6 4 8 8
Atas Nama           : GPIB Getsemani - Balikpapan

0 komentar:

VISI DAN MISI GPIB

VISI

GPIB menjadi gereja yang mewujudkan damai sejahtera bagi seluruh ciptaanNya

MISI

  • Menjadi Gereja yang terus menerus diperbaharui dengan bertolak dari Firman Allah, yang terwujud dalam perilaku kehidupan warga gereja, baik dalam persekutuan, maupun dalam hidup bermasyarakat.
  • Menjadi gereja yang hadir sebagai contoh kehidupan, yang terwujud melalui inisiatif dan partisipasi dalam kesetiakawanan sosial serta kerukunan dalam masyarakat, dengan berbasis pada perilaku kehidupan keluarga yang kuat dan sejahtera.
  • Menjadi Gereja yang membangun keutuhan ciptaan yang terwujud melalui perhatian terhadap lingkungan hidup, semangat keesaan dan semangat persatuan dan kesatuan warga Gereja sebagai warga masyarakat.

MOTTO

Dan orang akan datang dari timur dan barat dan dari utara dan selatan dan mereka duduk makan di dalam Kerajaan Allah

Logo Pelkat

Rencana Kawasan GPIB Getsemani

Rencana Kawasan GPIB Getsemani
Untuk Perbesar Klik Gambar

Data Pembangunan

Data Pembangunan
Kegiatan Pemabngunan Getsemani